Tentang Kemahasiswaan

Pengertian

  1. Yang dimaksud dengan mahasiswa Sekolah Tinggi adalah mahasiswa yang terdaftar di Sekolah Tinggi dan merupakan bagian dari sivitas akademika Sekolah Tinggi
  2. Bidang Kemahasiswaan merupakan bagian dari sistem Pendidikan Tinggi yang mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan, pengendalian dan pendanaan mahasiswa, serta evaluasi kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi pengembangan penalaran keilmuan mahasiswa, pengembangan minat dan kegemaran, peningkatan kesejahteraan mahasiswa serta usaha penunjangnya.

Kode Etik Mahasiswa

Dalam melaksanakan pengembangan pribadi mahasiswa, baik itu berbentuk organisasi umum , seperti BPM, BADAN EKSEKUTIFMahasiswa atau organisasi khusus (olah raga, kesenian, kelompok belajar), setiap mahasiswa STMIK-IM wajib mentaati ketentuan-ketentuan yang berlaku di STMIK -IM.

Hal ini mutlak di pedomani oleh setiap mahasiswa STMIK -IM, agar dalam menjalankan kegiatan kemahasiswaan tetap mengacu pada landasan/ kebijakan STMIK -IM.

Adapun ketentuan umum tersebut, sebagai berikut :

  • Patuh dan taat pada Pancasila
  • Patuh dan taat pada tata tertib/kebijakan STMIK -IM
  • Menjunjung tinggi Almamater
  • Menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Bertanggungjawab terhadap segala kegiatan yang dilaksanakan, baik berupa kelompok / organisasi maupun perorangan yang mengatasnamakan STMIK-IM

Hak  Dan  Kewajiban  Mahasiswa
Hak  Mahasiswa

  1. Memperoleh perkuliahan dan praktikum serta layanan akademik lainnya sesuai dengan kurikulum dan program studinya.
  2. Memanfaatkan sarana akademik dan fasilitas kampus yang ada di    STMIK-IM guna kelancaran proses belajar mengajar, dan mengkaji ilmu sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  3. Mendapat bimbingan dari dosen yang bertanggung jawab atas program studi yang diikutinya.
  4. Memperoleh layanan informasi yang benar berkaitan dengan program studi yang diikuti serta hasil pelajarannya.
  5. Menyelesaikan studi lebih awal dari jadwal yang ditetapkan, dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  6. Memperoleh beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi syarat, sesuai dengan jenis beasiswa yang dikeluarkan.
  7. Memperoleh Bimbingan dan Konseling (BK) bagi mahasiswa yang membutuhkan konsultasi baik yang bersifat akademik atau non akademik.
  8. Ikut serta dalam kegiatan organisasi mahasiswa STMIK -IM.

Kewajiban  Mahasiswa

  1. Membayar biaya penyelenggaraan pendidikan, yang ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Mematuhi semua peraturan dan atau ketentuan yang berlaku di       STMIK-IM.
  3. Menghargai tenaga pendidik dan atau tenaga administrasi di lingkungan STMIK-IM.
  4. Memelihara sarana dan prasarana serta kebersihan, ketertiban, dan keamanan kampus.
  5. Menjaga dan meningkatkan etika kehidupan di kampus baik sesama mahasiswa maupun dosen dan sivitas akademika.
  6. Menghindari kegiatan yang bersifat destruktif yang dapat berupa penggunaan dan perbuatan yang berhubungan dengan NARKOBA, dan tindakan kriminal.
  7. Menjaga kewibawaan dan nama baik STMIK-IM.

Organisasi  Kemahasiswaan

Organisasi Kemahasiswaan STMIK-IM, adalah suatu wahana dan sarana untuk pengembangan diri mahasiswa dalam upaya memperluas dan meneningkatkan wawasan dan pengetahuan serta penalaran tentang keilmuan secara umum dan keilmuan khususnya program studi yang diikuti, serta integritas kepribadian manusia sesuai dengan hakekat manusia.

Bentuk  Dan  Struktur

  1. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA  STMIK-IM (BEM- STMIK-IM) dan Unit Kegitan Mahasiswa (UKM)
  2. Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMA), Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMN) dan Unit-unit lainnya dibawah koordinasi BEM.

Kedudukan

  1. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA STMIK-IM (BEM- STMIK-IM) dan Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) berkedudukan ditingkat Sekolah Tinggi dan merupakan kelengkapan non struktural.
  2. Himpuan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Perwakilan Mahasiswa Jurusan (BPMJ) berkedudukan di tingkat Jurusan dan merupakan kelengkapan non struktural.

Tugas  Dan  Fungsi  Organisasi

  1. BEM-STMIK-IM mewakili mahasiswa pada tingkat Senat Sekolah Tinggi, mengkoordinasikan kegiatan organisasi kemahasiswaan dalam kegiatan ekstra kurikuler, memberikan pendapat dan usul kepada pimpinan terutama yang berkaitan dengan fungsi dan pencapaian tujuan pendidikan tinggi.
  2. UKM bertugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat Sekolah Tinggi dalam bidang tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
  3. HMJ bertugas merencanakan dan melaksanakan garis-garis besar program kegiatan ekstra kurikuler yang ditetapkan oleh BEM  terutama yang bersifat penalaran dan keilmuan. Memberikan pendapat dan usul kepada pimpinan jurusan terutama yang berkaitan dengan pelaksanaaan fungsi dalam pencapaian tujuan pendidikan tinggi.
  4. HMJ bertugas menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan serta pengembangan diri mahasiswa, sesuai dengan program studi jurusan.

Keanggotaan  Dan  Kepengurusan

  1. Keanggotanan BEM- STMIK -IM terdiri dari Ketua HMJ, ketuan UKM dan Ketua BPMJ, didalam lingkungan STMIK -IM.
  2. Kepengurusan BEM- STMIK -IM terdiri dari  :
  • Ketua Umum.
  • Ketua, Sekertaris dan Koordinator Bidang (Bidang Penalaran, Kesejahteraan, Minat dan Bakat serta Pengabdian Pada Masyarakat).
  • Bendahara dan wakil bendahara.
  1. Masa kerja kepengurusan BEM- STMIK -IM adalah satu tahun dan tidak dapat dipilih kembali.
  2. Masa kerja kepengurusan BEM- STMIK -IM ditetapkan melalui rapat pengurus BEM- STMIK -IM.
  3. Pengurus BEM- STMIK -IM disahkan oleh Ketua STMIK -IM.
  4. Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, pengurus bertanggung jawan kepada Ketua melalui Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan   Kemahasiswaan

Jenis  Kegiatan

  1. Kegiatan yang diselenggarakan sepenuhnya oleh Bidang Kemahasiswaan STMIK -IM (tertuang dalam program kerja PUKET III).
  2. Kegiatan yang diselenggarakan sepenuhnya oleh BADAN EKSEKUTIF Mahasiswa STMIK -IM
  3. Kegiatan yang diselenggarakan sepenuhnya oleh Himpunan Jurusan.
  4. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Institusi, BADAN EKSEKUTIFdan Himpunan.
  5. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antara institusi, BEM dan Himpuna Jurusan.

Prosedur  Pelaksanaan

  1. Setiap organisasi kemahasiswaan yang akan melaksanakan kegiatan harus mengajukan prosposal, bila kegiatan yang akan dislenggarakan melibatkan pihak luar.
  2. Setiap organisasi kemahasiswaan yang akan melaksanakan kegiatan cukup memberitahukan secara tertulis kepada pimpinan melaui PUKET III apabila kegiatan tanpa melibatkan pihak luar.
  3. Dalam setiap penyelenggaraan kegiatan harus dibentuk kepanitiaan yang akan melaksanakan dan bertanggung jawab terhadap kegiatannya.
  4. Institusi STMIK -IM akan menyediakan fasilitas yang tersedia untuk digunakan penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan.

Pendanaan  Kegiatan

  1. Dana kemahasiswaan diperoleh dari mahasiswa, untuk kegiatan mahasiswa dan dikelola oleh mahasiswa dan dibantu/disubsidi institusi.
  2. Dana kemahasiswaan dibayar oleh mahasiswa sekaligus pada saat mahasiswa baru melakukan her-registrasi (daftar ulang) melalui Bagian Keuangan.
  3. Dana kemahasiswaan dipergunakan untuk kegiatan Kemahasiswaan dan dapat diturunkan sesuai dengan permohonan dari BEM atau Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa melalui Proposal Kegiatan.
  4. Selain dana yang wajib dibayar, institusi juga mengizinkan kepada UKM-UKM untuk menghimpun dana lain berupa iuran anggota UKM yang langsung ditangani oleh UKM masing-masing atas dasar musyawarah.
FacebookTwitterGoogle+Share